Kuliner Khas Di Kediri

Advertisement
Kuliner Khas Di Kediri - Kediri yang di kenal sebagai kota tahu memanglah sangat istimewa, berbagai olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu sangatlah banyak sekali, ada tahu kuning, tahu kress, tahu bulat, tahu susu dan masih banyak lainya.

Di kota tahu ini makanan yang paling khas adalah sambel tumpang, makanan yang sudah ada sejak zaman dulu ini biasa di jajakan di jalan ndoho di waktu  malam hari, nah jika anda berkunjung ke kediri jangan lewat kan untuk mencari sambel tumpang.

Masih banyak sekali kuliner khas kediri raya, berikut adalah beberapa khas kuliner asli kediri raya yang harus anda cicipi dantak tak boleh terlewati jika anda berkunjung di kediri.

Kuliner Khas Kediri Raya

Opak Lamug Khas Kediri Raya
Oini terbuat dr ketela setelah melalui proses sari patinya menjadi tepung/pati..sisa air rendamannya diolah menjadi krupuk namanya opag lamug, rasanya agak kecut tapi ueeenak, asli kediri hanya ada di kecamatan tarokan, kaLo anda ingin mencicipi langsung saja hunting silakan datang lagsung ke kecamatan tarokan.

Tape Khas Kediri Raya
Tape Khas Kediri Raya
Tape merupakan salah satu jajanan pasar yangg terbuat dari singkong, di olah melalui proses fermentasi ragi, mempunyai ciri khas rasa yg sedikit asam dan juga ada manis" gitu..tape sendiri berasal dari salah satu desa kecil dikediri yang bernama desa Wonojoyo kec gurah kab kediri (promosi desaku :-D) serta merupakan salah satu pusat pembuatan TAPE dikota kediri..h h h (kurang lebihnya anda tambah sendiri ) h h h

Sambal Tumpang Khas Kediri Raya
Sambal Tumpang Khas Kediri Raya
Sambel tumpang merupakan masakan khas kediri sejak zaman dulu. Sambal tumpang bukan sembarang sambal. Sambal tumpang berbeda dengan sambal sambal yang lain. Karena bahan baku sambal tumpang terbuat dari tempe. Tapi juga bukan sembarang tempe. Melainkan dari tempe yang sudah busuk.bahan baku tersebut (tempe busuk) yang dapat membuat aroma dan cita rasa yang khas.yang berbeda dengan olahan tempe yang lain. Yang dapat membuat orang kangen dengan kediri.

Di kediri baik kota maupun kabupaten banyak warung warung yang menjajakan masakan sambal tumpang. Biasanya sambal tumpang disajikan dengan aneka macam sayuran, dan lalapan (terancam) serta dilengkapi dengan lauk peyek. Tapi juga dapat dilengkapi dengan aneka macam lauk yang lain.
Jadi kalau datang ke kediri jangan lupa untuk mencicipi sambal tumpang khas kediri.

Gethuk Gedang / pisang Khas Kediri Raya
Gethuk Gedang / pisang Khas Kediri Raya
Gethuk pisang juga merupakan cemilan khas kediri, Kalau pada umumnya hethuk terbuat dari singkong , ubi, talas. Namun yang khas dari jajanan khas kediri adalah gethuk yang berbahan dasar pisang. Pisang yang digunakanpun bermacam macam ada pisang kepok, pisang raja nangka, pisang tanduk dll.

Kalau pada umumnya pisang disajikan dalam bentuk pisang goreng atau pisang coklat, namun di tangan orang kediri pisang dapat di olah menjadi gethuk. Kemasannyapun menarik karena dibungkus dengan daunnya sendiri (daun pisang).

Dijamin mulai dari anak anak , remaja, dewasa bahkan lansiapun akan menyukai jenis jajanan ini. Karena teksturnya yang lembut dan empuk, seperti gethuk pada umumnya.
Jadi kalau berkunjung ke kediri jangan lupa untuk membeli oleh oleh khas kediri ini untuk buah tangan. Karena gethuk pisang ini juga dapat bertahan sekitar 1 minggu.

Sate Kerang Khas Kediri Raya
Sate Kerang Khas Kediri Raya
Sate kerang merupakan sate yang terbuat dari kerang yang di olah melalui proses tertentu. sate kerang ini merupakan jajananyang seudah ada sejak dahulu yang mempunyai rasa khas dan bikin nagih, jika anda berkunjung di kediri ingin sate kerang anda bisa transaksi sate kerang secara online, karena di kediri sudah maju semua serba online, langsung hubungi Tress No Miklex.

Sate Kerang Khas Kediri Raya

Di atas merupakan beberapa kuliner khas kediri raya, kuliner kediri masih banyak lagi, kuliner khas di atas merupakan makanan yang sedang buming di tahin 2016 ini, yang sangat fenomenal adalah sate kerang, nah bagi anda yang mencari info kuliner tetap di makanan indonesia.
Kuliner Khas Di Kediri | Kang ali Ali | 10

1 komentar: